LIPI Dorong Pelajar Jombang Cintai Penelitian

By Admin


nusakini.com - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mendukung pembinaan ilmiah remaja dengan mengadakan kegiatan pelatihan metodologi penelitian di Perkemahan Ilmiah Remaja (PIR) Agriculture Science Camp bagi siswa setingkat SMA se-Kabupaten Jombang, Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Jombang pada Kamis-Senin (24-28/11) di Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Kegiatan yang diikuti oleh 200 siswa ini bertema “Satu Benih untuk Menjadi Pemimpin”. “Selama lima hari siswa dan siswi setingkat SMA mempelajari kegiatan penelitian ilmiah di bidang sosial, jayati, dan teknik,” ungkap Yusuar, Kepala Bagian Bina Ilmiah Biro Kerjasama, Hukum, dan Humas LIPI. 

LIPI mengirimkan tiga orang instruktur untuk memberikan materi metodologi penelitian siswa, yakni Ali Yansyah Abdurrahim, peneliti Pusat Penelitian Kependudukan LIPI; Iwan Saskiawan, peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI; dan Dede Heri Yuli Yanto, peneliti Pusat Penelitian Biomaterial LIPI. 

Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Asisten I Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Purwanto, memberikan apresiasi kepada LIPI. “Kegiatan ini merupakan salah satu solusi yang diambil Bupati Jombang menyikapi fenomena bahwa Indonesia yang merupakan negara agraris tetapi akibat efek modernisasi, telah mulai kehabisan kehilangan generasi muda yang mencintai dunia penelitian,” ujar Purwanto. 

Purwanto berharap dengan menggandeng LIPI dapat melahirkan kader-kader bangsa yang sukses di bidang penelitian pertanian. “Generasi muda Jombang diharapkan lebih mencintai dunia pertanian dan jangan pernah merasa gengsi untuk menjadi petani,” pungkasnya. (p/mk)